Tuesday, 8 May 2018

Peran Sesungguhnya Car Free Day (CFD)

Beberapa tahun terakhir di Indonesia mulai di kampanyekan kembali gerakan Car Free Day atau yang biasa lebih dikenal dengan singkatan CFD. CFD awal mula merupakan suatu gerakan kampanye untuk mengurangi tingkat pencemaran udara pada kota – kota besar di dunia. CFD dimulai pertama kali di dunia yakni di Belanda pada tahun 1965, yang pada akhirnya diperingati hari CFD setiap tanggal 22 September diseluruh dunia. Di Indonesia pertama kali dilaksanakan pada tahun 2001 pada setiap bulan September.
Pada saat ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menerbitkan Peraturan Gubernur Nomor 12 Tahun 2016 tentang Pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) dan  Keputusan Gubernur Nomor 504 Tahun 2016 tentang Penetapan Lokasi dan Jadwal Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB). Pada pasal 7 Pergub 12/2016 tersebut dijelaskan bahwa Pemanfaatan Jalur HBKB adalah untuk kegiatan yang bertema dengan lingkungan hidup, olahraga dan seni budaya. HBKB tidak boleh dimanfaatkan untuk kepentingan partai politik dan SARA serta orasi yang ajakan yang bersifat menghasut. Setiap pelaksanaan CFD di DKI Jakarta akan dilakukan pengukuran kualitas udara pada setiap tempat pelaksanaan CFD.
Pada saat ini penerapan CFD di Provinsi DKI Jakarta terbagi pada beberapa tempat, yakni pada Tingkat Provinsi, yaitu jl. Jend. Sudirman- Jl. MH. Thamrin (Tugu selamat datang sampai dengan Bundaran Air Mancur) meliputi jalur lambar dan jalur cepat , setiap hari minggu. Tingkat wilayah kota Administrasi, 1 (satu) kali dalam sebulan pada hari minggu dengan 1 (satu) lokasi tetap untuk masing-masing wilayah Kota Administrasi. Dengan waktu pelaksanaan adalah pukul 06.00 – 11.00. CFD selain sebagai sarana kampanye dan upaya pengurangan tingkat pencemaran udara juga dapat sebagai media relaksasi bagi para masyarakat. Relaksasi disini dapat berupa olahraga, pertunjukan seni budaya dan kegiatan – kegiatan positif lain sebagainya. Namun beberapa tahun terakhir, CFD sering disalah gunakan oleh para peserta/kelompok tertentu antara lain seringkali digunakan sebagai salah satu media politik, baik dari partai/golongan/kelompok tertentu. Yang dimana hal tersebut melanggar peraturan dan ketentuan yang telah ditetapkan. CFD seharusnya dapat sebagai jembatan masyarakat Jakarta dalam menjalin silahturahmi antar masyarakat, meningkatkan kualitas hidup sehat di lingkungan masyarakat maupun hal positif lainnya.

0 komentar:

Post a comment