Wednesday, 1 August 2018

Pojok Informasi Aparatur, Media Penunjang Pengembangan Kompetensi ASN

Saat ini Indonesia termasuk Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sedang berupaya untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Baik SDM yang eksternal yakni masyarakat umum maupun SDM internal yang disebut dengan aparatur sipil negara (ASN). Terkait dengan pembangunan ASN, pemerintah telah menerbitkan Undang – Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil.  Dalam peraturan perundang – undangan tersebut, terlihat jelas bahwa setiap ASN di memiliki hak untuk mendapatkan pengembangan kompetensi. Pengembangan kompetensi tersebut merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas dari setiap ASN, sehingga diharapkan dengan meningkatnya kompetensi ASN, maka dapat ikut pula meningkatkan layanan kepada masyarakat umum.
             Melihat hal tersebut, yakni dengan berkembangnya era teknologi informasi yang sangat pesat serta fokus pemerintah dalam pengembangan SDM Internal maka BPSDM dan Widyaiswara sebagai salah satu tonggak terdepan dalam pelaksanaan pengembangan kompetensi ASN mempunyai peran yang sangat strategis. BPSDM dan Widyaiswara harus dapat bersinergi dalam menciptakan pelaksanaan metode pengembangan kompetensi modern yang mengikuti era teknologi yang ada saat ini, namun tetap tanpa mengurangi nilai – nilai dari pelaksanaan metode pengembangan kompetensi klasikal. Bahkan pelaksanaan pengembangan kompetensi modern harus dapat lebih baik dari klasikal.
Era teknologi ini memang menjadi tantangan bagi seluruh lapisan masyarakat, tidak terkecuali bagi Widyaiswara dan BPSDM. Widyaiswara secara khusus mempunyai peran yang sentral dalam pelaksanaan pengembangan kompetensi sesuai era teknologi seperti saat ini. Widyaiswara harus mampu mengikuti perkembangan teknologi, agar tidak merasa tertinggal dan agar dapat menyesuaikan dengan para peserta pengembangan kompetensi. Widyaiswara harus mampu menguasai teknologi informasi terkini yang ada. Dengan menguasai teknologi informasi, diharapkan widyaiswara mampu memanfaatkan teknologi informasi tersebut dalam pelaksanaan pengembangan kompetensi aparatur sipil negara. Dengan widyaiswara mampu menyesuaikan diri terhadap perkembangan teknologi, diharapkan pelaksanaan pengembangan kompetensi dapat lebih berwarna dan dapat meningkatkan kualitas dari hasil pengembangan kompetensi.
          Sebagai salah satu upaya meningkatkan kualitas serta mengikuti perkembangan era teknologi saat ini, saya selaku Widyaiswara telah membuat blog pribadi dengan nama “Pojok Informasi Aparatur” dan alamat website blog tersebut adalah  https://pojokinformasiaparatur.blogspot.com . Blog ini merupakan upaya saya sebagai seorang Widyaiswara dalam memudahkan para aparatur sipil negara maupun masyarakat umum yang membutuhkan informasi – informasi tentang peraturan – peraturan, artikel – artikel tentang pemerintahan, kumpulan laporan pemerintah dan kumpulan karya tulis ilmiah serta bahan tayang saat saya melakukan dikjartih/ tatap muka sebagai Widyaiswara dan lain sebagainya.

3 comments: