Thursday 9 November 2017

Perkokoh Persatuan Membangun Negeri Melalui Peringatan Hari Pahlawan

BANGSA Indonesia merupakan bangsa besar. Bangsa yang sudah merdeka sejak 72 Tahun yang lalu. Dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia, tidak dilakukan dengan mudah, banyak hal yang harus dilakukan para Pahlawan. Para pahlawan bangsa sangat berjuang keras dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsaIndonesia.
Mereka rela berkorban nyawa, harta dan keluarga untuk kemerdekaan bangsa. Mereka pun tidak segan untuk memanfaatkan hal sekecil apapun agar dapat berjuang untuk kemerdekaan bangsa Indonesia.
Hari Pahlawan diperingati setiap tanggal 10 November disetiap tahunnya. Tanggal tersebut diperingati pertempuranyang terjadi di Surabaya pada tahun 1945. Yang dimana pada saat tersebut dikenal dengan nama Revolusi Nasional Indonesia, yaitu para tentara dan milisi Indonesia yang pro terhadap kemerdekaan Indonesia berperang melawan tentara Britania Raya dan Belanda.
Untuk itulah sebagai bangsa yang besar, kita harus mampu menghormati jasa-jasa yang telahdilakukan para pahlawan. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk menghormati dan menghargai jasa para pahlawan. Mulai dari menjaga nama baik bangsa Indonesia sampai dengan meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa. Dengan melanjutkan peran dan jasa para pahlawan, bangsa ini akan menjadi bangsayang besar, bangsa yang disegani oleh bangsa lain.
Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa adalah kewajiban setiap warga Negara Indonesia. Banyak hal yang dapat dilakukan kita sebagai warga Negara dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, antara lain tidak mudah terhasut, tidak menyebarkan berita hoax, saling menghargai pendapat, saling menghormati pendapat orang lain, dan masih banyak lagi hal lainnya.
Dengan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, diharapkan bangsa Indonesia dapat menjadi contoh dunia sebagai bangsa yang menghargai jasa-jasa para pahlawan. Sebagai contoh dunia bahwa bangsa Indonesia walaupun terdiri dari kemajemukan suku, adat, agama tetap dapat bersatu dan menjaga kesatuan, tetap salaing toleransi antar sesama warga negara tanpa memperhatikan latar belakang tersebut.
Mari dengan memperingati hari pahlawan ini, kita bertekad bersama untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Sehingga bangsa Indonesia menjadi bangsa yang besar, bangsa yang dapat menghargai jasa-jasa para pahlawannya dan menjadi bangsa yang disegani oleh bangsa lain. ***
Penulis : R Yudhy Pradityo Sp, SE, MM

2 comments:

  1. kereen mas Ydhy ...so inspiring !

    setiap tanggal 10 nopember diperingati hari sumpah pemuda, ketika itu para pejuang perang melawan penjajah antara tentara sekutu yang ingin kembali menjajah indonesia yang kaya raya dan seksi penuh pesona.
    pada masa kemerdekaan, para pemuda menjadi ujung tombak perjuangan merebut kemerdekaan. .....inilah musuh pemuda ketika itu.
    hal yg justru memprihatinkan adalah, banyak kalangan pemuda yang telah tidak tahu dan tidak tertarik untuk membaca sejarahnya sendiri. hal ini berpengaruh terhadap rendahnya rasa kebangsaan. oleh karena itu, rasa memiliki terhadap bangsa dan negara semakin menurun, Sikap yg muncul justru egois, individualistis dan pragmatis.......
    bagaimana dengan generasi Millenial saat ini ???????

    ReplyDelete
  2. Terima Kasih bu Susi Setiawati..

    Alhamdulillah klo menginspirasi bu..

    Betul sekali bu, memang kita lihat pada saat ini banyak sekali generasi2 Milenieal atau yang sering disebut "jaman now", kurang memahami sejarah, dan seolah tidak peduli mungkin. Bahkan malah mungkin menyebarkan berita2 yang tidak benar/negatif/hoax.

    Dengan melihat hal tersebut, mungkin kita bersama2 sebagai bagian dari masyarakat Indonesia dan Aparatur dapat memberikan contoh langsung yang baik, guna membangun generasi - generasi penerus (jaman now) menjadi generasi yang dapat dibanggakan oleh kita semua.

    Amin..

    Salam..

    ReplyDelete