Thursday, 2 November 2017

Harapan Pemimpin Baru Jakarta


Manajemen sangat erat kaitannya dengan suatu organisasi sebagai suatu wadah atau tempat manajemen tersebut melaksanakan tugasnya. Stephen Robbins, mnegatakan bahwa suatu organisasi adalah kesatuan (entity) social yangdikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan. 

Ciri-ciri yang merupakan elemen dasar dari suatu organisasi, yakni : 1. Kumpulan orang;2. Suatu wadah; 3. Tersetruktur; 4. Memiliki tujuan yang sama.
Setiap suatu organisasi pada umumnya mempunyai struktur organisasi. Penyusunan struktur organisasi merupakan langkah awal dalam memulai pelaksanaan kegiatan perusahaan.
 Dengan kata lain penyusunan struktur organisasi adalah langkah terencana dalam suatu organisasi untuk melaksanakan fungsi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan. 
Dari beberapa definisi dapat diketahui bahwa struktur organisasi menggambarkan kerangka dan susunan hubungan diantara fungsi, bagian atau posisi, juga menunjukkan hierarki organisasi dan struktur sebagai wadah untuk menjalankan wewenang, tanggung jawab dan sistem pelaporan terhadap atasan.
Pada akhirnya memberikan stabilitas dan kontinuitas yang memungkinkan organisasi tetap hidup walaupun orang datang dan pergi serta pengkoordinasian hubungan dengan lingkungan.
Masalah Kepemimpinan
Masalah kepemimpinan telah muncul bersamaan dengan dimulainya sejarah manusia, yaitu sejak manusia menyadari pentingnya hidup berkelompok untuk mencapai tujuan bersama. 
Kepemimpinan merupakan kemampuan untukmempengaruhi suatu kelompok ke arah tercapainya suatu tujuan. 
Definisi kepemimpinan secara luas meliputi proses mempengaruhi dalam menentukan tujuan organisasi, memotivasi perilaku pengikut untuk mencapai tujuan,mempengaruhi untuk memperbaiki kelompok dan budayanya. 
Tiga implikasi penting yang terkandung dalam hal ini kepemimpinan yaitu:
1. Kepemimpinan itu melibatkan orang lain baik itu bawahan maupun pengikut;
 2. Kepeminpinan melibatkan pendistribusian kekuasaan antara pemimpin dananggota kelompok secara seimbang, karena anggota kelompok bukanlah tanpa daya; 
3. Adanya kemampuan untuk menggunakan bentuk kekuasaan yang berbeda untuk mempengaruhi tingkah laku pengikutnya melalui berbagai cara.
Berdasarkan Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta merupakan salah satu bentuk organisasi Pemerintah Daerah. Berdasarkan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, suatu pemerintah daerah dipimpin oleh seorang Kepala Daerah (Gubernur/Wakil Gubernur, Walikota/Wakil Walikota dan Bupati/Wakil Bupati).
Kepala Daerah tersebut lah yang memiliki tugas untuk memimpin pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan daerahnya. Pemerintah DKI Jakarta
Pemimpin Baru Jakarta
Pada beberapa waktu lalu memiliki Gubernur dan Wakil Gubernur baru yang telah dilantik oleh Presiden pada tanggal 16 Oktober 2017. Pemilihan Kepala Daerah Provinsi DKI Jakarta pada awal tahun 2017 lalu menyita banyak perhatian publik.
Mulai level DKI Jakarta sampai dengan level Nasional. Bahkan sebagian media menyebutkan bahwa Pilkada DKI Jakarta rasa Pilpres. Hal tersebut akibat cukup strategisnya tugas, wewenang dan tanggung jawab yang dimiliki Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta.
Melalui Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2007 tentang Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta sebagai Ibukota Negara Kesatuan Republik Indonesia,diketahui bahwa Gubernur Provinsi DKI Jakarta memiliki peran tidak hanya sebagai Kepala Daerah dan Wakil Pemerintah Pusat di Daerah melainkan juga sebagai Kepala Ibukota Negara. 
Selain hal tersebut diketahui bahwa tugas, wewenang dan tanggung jawab Gubernur sebagai Kepala Daerah dan Wakil Pemerintah Pusat di Daerah dilaksanakan oleh Perangkat Daerah sesuai ketentuan yang ditetapkan dalam UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. 
Sedangkan tugas, wewenang, dan tanggung jawab Gubernur sebagai Kepala Ibukota Negara dilaksanakan oleh Deputi sebagaimana ditetapkan dalam Peraturan Presiden No. 55 Tahun 2008 tentang Kedudukan, Tugas, Fungsi dan Tanggung Jawab Deputi Gubernur Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta.
Sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur yang merupakan pilihan mayoritas rakyat DKI Jakarta, sudah selayaknya pasti banyak harapan yang dititipkan pada pundak Gubenur dan Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta saat ini. 
Harapan-harapan tersebut pastinya untuk kemajuan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada umumnya. Bukan hanya program 100 hari yang ingin ditunggu-tunggu oleh para pemilihnya, tetapi banyak hal lainnya yakni program program kerja baru serta melengkapi program yang sudah ada sebelumnya. 
Berdasarkan hal -hal tersebut, sudah sangat sewajarnya masyarakat DKI Jakarta baik para pemilih Gubernur dan Wakil Gubernur maupun yang tidak menaruhkan harapan yang sangat besar pada Pemimpin Baru Jakarta tersebut, antara diharapkan dapat :
1. Menciptakan stabilitas politik, keamanan serta ketentraman di DKI Jakarta sehingga dapat menciptakan kenyamanan, keamanan dan kebagahagiaan warga DKI Jakarta dalam beraktiftas di Jakarta; 
2. Meningkatkan lapangan pekerjaan bagi para masyarakat DKI Jakarta sehingga dapat meningkatkan penghasilan dan kesejahteraan rakyat pada umumnya;
3. Meningkatkan rasa solidartias antar sesama, yang tidak memandang perbedaan ras yang dimiliki;
4. Menciptakan rasa memiliki dan peduli antar warga, sehingga dapat membangun DKI Jakarta yang bersih, transparan dan nyaman; 
5. Meningkatkan kualitas SDM, baik SDM pemerintah Provinsi DKI Jakarta sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayann public yang sesuai dengan keinginan/ kebutuhan masyarakat.
6. Meningkatkan kualitas masyarakat yang sesuai dengan era keterbukaan serta era kemajuan teknologi, sehingga dapat menjadikan warga Jakarta yang unggul, cerdas dan mumpuni;
7. Dapat meningkatkan daya beli masyarakat DKI Jakarta sehingga dapat meningkatkan stabilitas ekonomi DKI Jakarta serta stabilitas ekonomi Nasional yang baik. Karena DKI Jakarta sebagai salah satu barometer perekonomian Nasional;
Dan masih banyak lagi hal – hal yang disematkan pada pundak Pemimpin baru tersebut. 
Lanjutkanlah apa yang sudah baik, dan perbaiki apa yang masih perlu diperbaiki oleh kita. Bersama Kita Bisa. Kebersamaan dan Kerja Sama adalah Kunci menuju Sukses. Salam

Penulis : R Yudhy Pradityo Sp, SE, MM

0 komentar:

Post a comment