Monday 30 October 2017

Tingkatkan Persatuan dan Kesatuan Melalui Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke – 89

TAK terasa tahun 2017 ini, kita memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke-89. Tema peringatan hari Sumpah Pemuda tahun ini adalah “Pemuda Indonesia Berani Bersatu”. Hari Sumpah Pemuda diperingati setiap tanggal 28 Oktober sejak tahun 1928. Seperti kita ketahui bersama bahwa isi dari Sumpah Pemuda adalah terkait dengan tanah air, bangsa dan Bahasa Indonesia.
Makna sumpah pemuda bagi Bagsa Indonesia sangat besar, yakni para pemuda pemudi Indonesia pada waktu itu sangat bangga kepada tanah airnya, tanah air Indonesia. Mereka memiliki kesadaran bahwa sebuah kemerdekaan bangsa Indonesia adalah sesuatu hal yang sangat penting, sehingga mereka sangat mencintai tanah air ini. Makna yang kedua adalah, walaupun bangsa Indonesia terdiri dari berbagai macam suku bangsa yang berbeda beda dari Sabang sampai Merauke. Tetapi para pemuda pada waktu itu rela berkorban, bahu membahu membela bangsa Indonesia tanpa melihat suku bangsa pemuda yang lain demi membela tanah air bangsa Indonesia.
Makna sumpah pemuda yang ketiga adalah, walaupun Indonesia terdiri dari berbagai macam jenis bahasa daerah, tetapi pada waktu itu bahasa Indonesia lah yang mampu membawa semuanya dalam keberagaman, sehingga menimbulkan persatuan dan kesatuan pada setiap pemuda pemudi di Indonesia.
Kita harus bangga terhadap para pendahlu-pendahulu kita yang telah memperjuangkan kemerdekaan, persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia ini. Bangga terhadap suku, bahasa masing-masing daerah diperbolehkan, tetapi kita harus bangga kepada Bangsa Indonesia.
Semangat para pemuda pemudi dahlu harus kita contoh. Semangat dalam berjuang kemerdekaan, semangat dalam menjaga tanah air, semangat dalam menjaga bangsa dan Bahasa Indonesia. Hal tersebut harus menjadi teladan untuk kita semua agar kita tetap mencintai semua budaya dan bahasa Indonesia ini.
Mari kita isi Kemerdekaan Bangsa Indonesia dengan terus berkarya bersama. Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk membangkitkan, mengharumkan nama Indonesia yang kita cintai, salah satunya dengan bangga Bertanah Air Indonesia, bangga terhadap Bangsa Indonesia dan bangga menggunakan Bahasa Indonesia.
Selamat Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-89 untuk Bangsa Indonesia. Sebagai Pemuda Indonesia, Kita harus berani Bersatu untuk Kejayaan Indonesia. Salam Persatuan dan Kesatuan. ***
Penulis : R Yudhy Pradityo Sp, SE, MM

2 comments: