Wednesday, 18 October 2017

Sumber Daya Manusia Aset Terbesar Organisasi


SUMBER daya manusia (SDM), merupakan aset yang sangat berharga dan merupakan sebuah investasi yang besar bagi sebuah perusahaan atau institusi pemerintah maupun suatu organisasi. Hal tersebut menjadi suatu bukti keberhasilan dalam suatu organisasi. Organisasi yang berhasil dapat dikatakan memiliki keberhasilan dalam pengelolaan SDM pada organisasinya.
Ada yang menyatakan bahwa suatu bangsa yang berhasil, adalah bangsa yang memiliki SDM yang unggul dan tangguh yang mampu membawa bangsa tersebut menuju kesuksesan. Untuk menciptakan SDM yang tangguh, diperlukan pengelolaan SDM yang baik. Tahapan pengelolaan meliputi pengadaan, pemeliharaan dan pengembangan.
Pengadaan SDM pada suatu organisasi harus direncanakan secara baik dan pengadaan harus berdasarkan dengan kebutuhan SDM dari suatu organisasi. Pemeliharaan dimaksudkan agar SDM tersebut betah dan tetap bertahan dalam suatu organisasi. Pemeliharaan dapat dilakukan dengan adanya penerapan sistem Reward and Punishment. Sistem tersebut dimaksud untuk memacu semangat SDM dalam meningkatkan kinerja pegawai tersebut.
Pengembangan dilakukan untuk meningkatkan kemampuan atau kompetensi dari pegawai tersebut. Pengembangan dapat diaksanakan dengan cara melalui pendidikan dna pelatihan. Pengembangan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam pengelolaan SDM pada suatu organisasi.
Dengan dilakukan pengembangan SDM, pegawai akan meningkat kompetensinya sehingga akan berdampak pada kinerja pegawai tersebut yang relevan dengan meningkatnya kinerja organisasi. Selain hal tersebut, pegawai yang mengikuti pengembangan kompetensi dapat pula merasa diperhatikan oleh organisasi. Dan pengembangan kompetensi dapat dijadikan sebuah Reward organisasi kepada pegawai yang memiliki prestasi.
Pengelolaan SDM dalam organisasi harus dilakukan secara berkesinambungan tanpa melewati tahapan pengelolaan tersebut. Sehingga akan menciptakan SDM yang seusai kebutuhan, handal dan mumpuni. Pengelolaan SDM memang tidak seperti membangun sebuah gedung yang langsung terllihat hasilnya. Pengelolaan SDM membutuhkan teknik tersendiri sehingga menghasilkan SDM yang berkinerja baik sehingga dapat mengoptimalkan kinerja suatu organisasi.
Ayo kita bersama kelola SDM Bangsa Indonesia dengan baik dan berkesinambungan, untuk menjadi Bangsa yang disegani oleh bangsa lain dan dapat meningkatkan kesejahteraan bangsa
Penulis : R Yudhy Pradityo Sp, SE, MM

0 komentar:

Post a comment