Friday, 27 October 2017

Indonesia-ku, Indonesia-mu, Indonesia Kita

INDONESIA merupakan Negara yang kaya raya, bahkan kekayaan mungkin dapat melebihi negara–negara maju diluar sana. Mulai dari memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah seperti tambang/sumber daya mineral, perkebunan, pertanian hingga terkait dengan peternakan.
Indonesia dikenal pula dengan sebutan nusantara. Hal tersebut dikarenakan Indonesia terdiri dari ribuan pulau dari Sabang sampai Merauke.
Nusantara diartikan sebagai “nusa di antara dua benua dandua samudera”. Nusantara Indonesia terdiri dari berbagai macam suku bangsa, mulai dari Sumatera, Jawa sampai dengan Papua. Begitu pula terkait Bahasa, Nusantara Indonesia kaya akan Bahasa daerah yang patut dilestarikan agar tetap hidup dan menjadi ciri khas dari masing-masing daerah.
Terdiri pula dari berbagaiagama didalamnya, yang dimana hidup rukun berdampingan satu sama lain. Terdapat juga berbagai macam budaya didalamnya yang sangat unik berbagai jenis bentuknya.
Memaknai hal–hal tersebut, tercetuslah Pancasila sebagai dasar Negara dan Indeologi bangsa. Yang dimana terdapat Bhineka Tunggal Ika didalamnya. Bhineka tunggal ika terdapat dalam Garuda Pancasila sebagai Lambang Negara. Yang berarti berbeda-beda tetapi pada hakikatnya tetap pada satu kesatuan yaitu, Indonesia. Seperti di jelaskan diatas bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari beribu-ribu pulau dimana setiap daerah memiliki adat istiadat, bahasa, aturan, kebiasaan dan lain-lain yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya tanpa adanya kesadaran sikap untuk menjaga Bhineka Tunggal Ika pastinya akan terjadi berbagai kekacauan di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Bagi bangsa Indonesia semboyan Bhineka Tunggal Ika merupakan landasan untuk mewujudkanpersatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Bhineka Tunggal Ika dalam kehidupan dilakukan dengan cara hidup saling menghargai antara masyarakat yang satu dengan yang lainnya tanpa memandang suku bangsa, agama, bahasa, adat istiadat, dan lain-lain. Dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika kita harus membuang jauh-jauh sikap mementingkan dirinya sendiri atau daerahnya sendiri tanpa perduli kepentngan bersama.
Bila hal tersebut terjadi pastinya negara kita ini akan terpecah belah. Mari kita jaga kebhineka tunggal ika dengan baik, sehingga persatuan dan kesatuan bangsa serta negara Indonesia tetap terjaga dengan baik, dan menciptakan bangsa Indonesia yang maju dan sejahtera. Indonesia adalah satu, yakni Indonesia-ku, Indonesia-mu, Indonesia Kita. Mari Bangkit untuk Indonesia Kita !!! ***
Penulis : R Yudhy Pradityo Sp, SE, MM

0 komentar:

Post a comment